Rabu, 16 September 2009

KONSTRUKSI BADAN JALAN

1. Lpisan Pondasi Bawah (LPB) :

Lapisan Pondasi Bawah adalah lapis konstruksi pembagi beban kedua berupa bahan berbutir yang diletakan diatas tanah dasar yang dibentuk dan dipadatkan serta langsung berada dibawah lapisan pondasi atas perkerasan.
- Pekerjaan ini terdiri dari mendapatkan, mengangkut, menebarkan, mengairi dan memadatkan sesuai yang ditentukan oleh direksi.

Bahan :
- Contoh bahan yang akan digunakan harus disertakan kepada direksi untuk mendapatkan persetujuan paling sedikit 14 hari sebelum pekerjaan dimulai beserta hasil test laboratorium.
- Bahan yang dipilih dan digunakan untuk pembangunan lapis pondasi bawah terdiri dari bahan-bahan berbutir dan memenuhi persyaratan.

a. Untuk Klas B Syarat Gradasi :
- Ukuran Saringan 52.5 mm lolos atas berat : 100 %
- Ukuran Saringan 37.5 mm lolos atas berat : 57 - 100 %
- Ukuran Saringan 25 mm lolos atas berat : -
- Ukuran Saringan 19 mm lolos atas berat : 40 - 100 %
- Ukuran Saringan 9.5 mm lolos atas berat : 25 - 80 %
- Ukuran Saringan 4.75 mm lolos atas berat : 16 - 66 %
- Ukuran Saringan 2.36 mm lolos atas berat : 10 - 55 %
- Ukuran Saringan 1.18 mm lolos atas berat : 6 - 45 %
- Ukuran Saringan 0.6 mm lolos atas berat : -
- Ukuran Saringan 0.425 mm lolos atas berat : 3 - 33 %
- Ukuran Saringan 0.075 mm lolos atas berat : 0 - 20 %

b. Untuk Klas C Syarat Gradasi :
- Ukuran Saringan 37.5 mm lolos atas berat : 100 %
- Ukuran Saringan 2.36 mm lolos atas berat : 80 %
- Ukuran Saringan 0.075 mm lolos atas berat : 15 %

Syarat Kualitas :
- batas cair --------------------------------- maksimum 35 %
- indeks plastisitas------------------------- maksimum 4 - 12 %
- bahan halus plastisitas------------------- maksimum 25 %
- CBR (direndam) ------------------------- maksimum 35 %
- kekurangan berat karena abrasi-------- maksimum 40 %

Cara Pelaksanaannya :
- Apabila lapisan tanah dasar telah siap bahan LPB harus ditebar dengan menggunakan tenaga kerja atau motor grader. Tebal penebaran tidak melebihi 20 cm agar dapat mencapai pemadatan yang ditetapkan.
- Setelah penebaran dan pembentukan akan dilanjutkan dengan pemadatan dengan menggunakanmesin gilas roda baja atau mesin gilas roda ban, pengilasan dilaksanakan secara gradual dari pinggir ke tengah dengan garis sumbu jalan dan harus terus menerus sampai seluruh permukaan telah dipadatkan secara merata dengan mengikuti kemiringan yang ditetapkan.
- Kandungan kelembaban untuk pemasangan harus dijaga dalam batas lebih rendah 3 % dari kadar air optimum sampai 1 % lebih tinggi untuk mencapai kepadatan kering maksimum yang ditetapkan.

c. Konstruksi Telford :
Konstruksi Telford dilakukan dengan menggunakan tenaga buruh, material baru yang sudah dipecah disiapkan dilokasi pekerjaan, pasir urug dihampar dan dipadatkan setebal 5 cm pada subgrade yang sudah siap.
Batu belah ukuran 10/15 disusun berdiri melintang jalan kemudian baru 5/7 untuk mengisi rongga atasnya, kemudian digilas dengan mesin gilas 8-10 ton.
Produksi pekerjaan 330 m3/hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar